Bata Ringan Madiun

Kota Madiun merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa TimurIndonesia yang terletak 160 km sebelah barat Surabaya atau 111 km sebelah timur SurakartaJawa Tengah. Bagian utara Madiun merupakan daerah perbukitan yang merupakan rangkaian dari pegunungan Kendeng, sedangkan bagian tenggara berupa pegunungan kompleks dari Gunung Wilis-Gunung Liman. Di bagian tengah adalah dataran tinggi dan bergelombang. Dari semua tipografi itu, tidak salah kalau Kabupaten Madiun memiliki suhu yang sejuk dan nyaman untuk dikunjungi. Di kota Madiun sendiri terdapat Bengawan Madiun yang merupakan salah satu anak sungai terbesar Bengawan Solo. Letak geografis kota Madiun berada pada ketinggian daratan mencapai 63 meter hingga 67 meter dari permukaan air laut. Rata-rata curah hujan tinggi di kota Madiun terjadi pada bulan-bulan di awal tahun dan akhir tahun, sedangkan rata-rata curah hujan rendah terjadi pada pertengahan tahun.

Kota yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu Brem dan Pecel Madiun membuat kota Madiun tidak asing bagi wisatawan. Di kota Madiun sendiri terdapat pusat Industri kereta api (INKA). Sebagian besar gerbong KA yang biasanya kita tumpangi dibuat di kota Madiun dan memiliki Sekolah tinggi Perkeretaapian, yakni salah satunya Akademi Perkeretaapian Indonesia (API). Kota Madiun juga dikenal memiliki Lapangan Terbang Iswahyudi, yakni salah satu pangkalan utama AURI, meski sebenarnya terletak di Kabupaten Magetan. Serta mendapatkan julukan sebagai kota pelajar. Posisinya yang cukup startegis menjadikan kota Madiun berada di jalur utama Surabaya-Yogyakarta dan menjadi persimpangan jalur menuju Ponorogo dan Pacitan ke arah selatan. Sebagai pusat perekonomian Jawa Timur sebelah barat, tidak heran jika kota Madiun banyak didatangi oleh wisatawan dan pekerja dari luar kota Madiun karena perdagangan, pendidikan dan perindustriannya yang cukup menjanjikan. Saat ini kota Madiun dibangun menjadi kota metropolitan yang diharapkan dapat membangun permasalahan dari Ibu Kota Jawa Timur, Surabaya. Oleh karena itu, kota Madiun ditetapkan sebagai wilayah hinterland atau pusat ekonomi untuk daerah sekitarnya dalam Rencana Tata Ruang dan Wilayah (Perda No. 6/2007).

Pada awal tahun saat ini curah hujan masih cukup tinggi di kawasan kota Madiun, tidak dipungkiri di kota Madiun terkena banjir bandang karena meluapnya bantaran sungai. Oleh sebab itu banyaknya bangunan rumah, gedung, sekolah, kantor terendam banjir. Dampak yang ditimbulkan dari banjir bandang tesebut bukan hanya saja penyakit melainkan kerugian dalam bangunan karena gampangnya kontruksi bangunan terutama dinding yang terkena lumpur, sampah dan kotoran lainnya yang lama-lama dapat lembab mengakibatkan timbulnya jamur dan lumut. Jika terus-terusan dibiarkan maka dinding tersebut mengalami kerusakan dan mudahnya dinding kropos bahkan roboh. Untuk mengatasi kerusakan kontruksi bangunan terutama dinding, maka disarankan menggunakan bata ringan yang dimana bata ringan lebih tahan rembesan air. Bukan hanya mengatasi kerusakan seperti jamur dan lumut bahkan bata ringan sendiri dapat tahan api jika terjadi kebakaran karena bata ringan memiliki kekuatan tahan terhadap api selama kurang lebih 4 jam yang disebabkan adanya konduktivitas thermal yang dicapai antara 0.05 – 0,15 Kcal/mh, yang dimana 20 – 30 kali lebih tinggi dari beton normal dan juga kedap suara yang terdapat adanya rongga-rongga udara di dalam material bata ringan cocok digunakan di kota Madiun yang padat penduduk untuk mengurangi tingkat kebisingan dari suara kendaraan dan mesin industri. Dan dapat digunakan untuk pembangunan rumah bukan hanya pembangunan gedung tinggi seperti Mall, hotel, gedung pertunjukan. Jika dibandingkan dengan bata merah yang biasanya dipakai saat pembangunan rumah, gedung, sekolah jauh dari kata efisien membuat bata ringan menjadi bata unggulan saat ini. Pemasangan bata ringan jauh lebih cepat jika di bandingkan dengan pemasangan bata merah, sehingga bisa menghemat waktu serta mempercepat proses pengerjaan bangunan. Pemasangan bata ringan juga lebih bersih berbeda dengan pengerjaan pemasangan bata merah yang membutuhkan campuran mortar dari pasir dan semen, bata ringan hanya membutuhkan semen instan yang dicampur sedikit air. Hasilnya pemasangan lebih bersih dan praktis terhindar dari noda pasir yang berceceran.

Bahan baku bata ringan terbuat dari semen, pasir kuarsa, kapur, gypsum dan alumunium pasta. Dari luar, material bahan baku bata ringan menyerupai beton pada umumnya tetapi bobotnya lebih ringan, permukaannya pun halus serta memiliki kekuatan yang lebih baik tetapi sekaligus lebih ringan karena didalamnya terdapat banyak rongga udara yang terikat pada campurannya. Ukurannya berdimensi 60 cm x 20 cm. Tebalnya bervariasi mulai 7,5 cm sampai 15 cm. Pembuatan bata ringan berbeda dengan batu bata merah yang biasanya masih dibakar lalu dijemur tetapi bata ringan diproduksi menggunakan mesin canggih.

Bata ringan memiliki keunggulan lain bukan hanya dari segi bahan pembuatan tetapi juga dari segi harga dan penggunaan yang lebih efisien. Semakin luas dinding yang harus dibangun, maka semakin besar penghematan yang dapat dilakukan. Oleh sebab itu pada saat ini disarankan dalam pembangunan menggunakan bata ringan yang memiliki keunggulan lebih banyak dibanding bata merah. Tidak sulit mendapatkan bata ringan tersebut, karena di PT. Tiga Mitra Surabaya sebagai salah satu distributor bata ringan terpercaya di Indonesia, meneyediakan berbagai merk bata ringan diantaranya Citicon, Grand Elephant, Bricon, Gracon, Focon, ICC, Priority One, Optima dan lain-lain. Banyaknya masyarakat yang beranggapan bahwa pembelian bata ringan harus datang langsung ke tempat distributor yang letaknya hanya berada di kota-kota besar maka dari itu saat ini pelayanan pembelian di PT. Tiga Mitra Surabaya dapat dilakukan secara online melalui hotline kami, Informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

  1. TIGA MITRA SURABAYA

Jl. Raya Klakahrejo, Ruko TCBD –TR. 1/11 Benowo – Surabaya 60198.

Atau  order secara online melalui :

Telp : (031) 51160405

HP/WA : 081231313222 – 085100398222 – 087852574222

Email : customerservice@tigamitra.com

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *