Bata Ringan

Bata ringan adalah material bangunan seperti halnya bata merah yang digunakan untuk pasangan dinding sebuah bangunan berbahan dasar pasir silika, semen, aditif, kapur, dan pasta pengembang.

Ukuran bata ringan dibandingkan dengan bata merah lebih besar, jika dengan ukuran batako relatif sama yaitu berdimensi : panjang 60 cm; lebar 20 cm dan tebal ada beberapa pilihan ukuran yaitu 7,5 cm; 10 cm; 12,5 cm 15 cm dan 20 cm. Namun ukuran tebal bata ringan yang relatif ready stock di pasaran adalah 10 cm dan 7, 5 cm untuk ukuran selain itu biasanya harus indent terlebih dahulu untuk jumlah yang besar.

Permukaan bata ringan lebih halus dan rata jika dibandingkan dengan bata merah maupun batako, lebih bersudut siku serta presisi. Bobot bata ringan juga jauh lebih ringan dibandingkan bata merah apalagi batako, hampir 1/3 lebih ringan sehingga mampu mengurangi beban struktur pada sebuah bangunan baik bertingkat maupun tidak.

Beberapa keunggulan bata ringan jika dibandingkan dengan bata merah ataupun batako :

  1. Lebih tahan gempa, hal ini dikarekan bata ringan mempunyai berat jenis yang ringan, bobot yang ringan ini mengurangi beban struktur bangunan sehingga jika terjadi gempa maka mampu memberikan ketahanan terhadap getaran ataupun gempa karena beban struktur bangunan jauh lebih berkurang.
  2. Lebih tahan api, hal ini dikarenakan bata ringan mempunyai konduktifitas termal sebesar 0,14 w/mK yang artinya mempunyai sifat perambatan terhadap panas yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan bata merah dan batako sehingga mampu membuat bangunan tahan terhadap panas api lebih dari 1000 derajat celcius yang pada akhirnya juga memberikan jaminan perlindungan yang lebih baik pada kejadian bencana kebakaran karena memberikan waktu lebih panjang untuk proses penyelamatan diri baik harta maupun jiwa.
  3. Lebih sejuk, bata ringan selain mempunyai konduktifitas termal yang rendah juga mempunyai sifat insulasi panas yang lebih baik dari bata merah dan batako sehingga membuat ruangan menjadi lebih sejuk dan menghemat biaya listrik yang dikarenakan pemakaian pendingin ruangan.
  4. Lebih meredam kebisingan, bata ringan juga mempunyai konduktifitas suara atau sifat menyerap gelombang suara yang lebih baik daripada bata merah atau batako sehingga mampu memberikan peredaman terhadap kebisingan suara.
  5. Bata ringan mempunyai sifat daya serap air yang rendah sehingga dinding bangunan tidak terjadi flek atau berlumut akibat kelembaban akibat serapan air.
  6. Lebih akurat, presisi, rapi dan cepat dalam pemasangannya, karena dimensi ukuran bata ringan yang selalu standart serta konsisten sehingga dalam pemasangannya hasilnya lebih cepat, rapi, presisi dan akurat maka perhitungan dan estimasi biaya dalam pengerjaan konstruksi menjadi lebih mudah terkontrol.
  7. Bata ringan mempunyai kuat tekan yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan bata merah ataupun batako, kuat tekan bata ringan bisa mencapai lebih besar atau sama dengan 4 N/m2.

Spesifikasi Teknis Bata Ringan :

  • Panjang : 60 cm
  • Lebar : 20 cm
  • Tebal ; 7,5 cm; 10 cm; 12,5 cm; 12 cm; 15 cm dan 20 cm
  • Berat Jenis Kering ; 530 – 600 kg/m3
  • Berat Jenis Normal ; 600 – 700 kg/m3
  • Kuat Tekan : 3,5 – 4 N/m2

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *